DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK (APLIKASI SIMAWAR PADA DINAS DP3AP2KB KABUPATEN BIMA)

RAODATUN, RAODATUN (2024) DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK (APLIKASI SIMAWAR PADA DINAS DP3AP2KB KABUPATEN BIMA). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
RAODATUN (2020B1B035).pdf

Download (777kB)
[img] Text (simialrity check)
Skripsi Atun Bismillah selesai.docx (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan publik pada Kabupaten Bima tentang kasus kekerasan anak dan perempuan masih menggunakan sistem manual, Seiring waktu karna banyaknya kasus kekerasan anak dan perempan di Kabupaten Bima sehingga adanya program/ kebijakan pemerintah Kabupaten Bima untuk menerbitkan inovasi teknologi yaitu SIMAWAR (system aplikasi warga), Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh korban kekerasan, juga sebagai wadah bagi masyarakat untuk memberikan laporan atau informasi terkait pemberdayaan wanita dan kekerasan anak. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan digitalisasi pelayanan sebagai upaya mewujudkan pelayanan publik pada aplikasi SIMAWAR pada Dinas (DP3AP2KB) Kabupaten Bima dan mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam digitalisasi pelayanan sebagai upaya mewujudkan pelayanan publik pada aplikasi SIMAWAR pada (DP3AP2KB) Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif dan analisis terhadap teori inovasi pelayanan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam (13 informan), dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Digitalisasi Pelayanan Sebagai Upaya Mewujudkan Pelayanan Publik pada Dinas (DP3AP2KB) Kabupaten Bima menggunakan 4 faktor untuk menerapkannya di antaranya realibity, tangibles, responsivine, dan ansuranc, berdasarkan 4 teori yang ada di atas yang sering digunakan oleh Dinas (DP3AP2KB) Kabupaten Bima yaitu teori Tangibles. Dimana dalam hal ini ketepatan pelayanan dinilai dari segi pelayanan dalam menanggapi setiap keluhan dari masyarakat, juga dalam proses pelayanan kepada masyarakat. Faktor penghambat dalam digitalisasi pelayanan sebagai upaya mewujudkan pelayanan publik pada aplikasi SIMAWAR pada Dinas (DP3AP2KB) Kabupaten Bima memiliki hambatan terkait karakteristik lingkungan dalam hal digitalisasi kearsipan dapat berkaitan dengan jangka waktu lama yang diperlukan untuk melakukan serangkaian proses ataupun upaya digitalisasi kearsipan mulai dari penciptaan hingga disposisi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorRahmad, Hidayatnidn0822048901
Uncontrolled Keywords: Digitalisasi, Pelayanan Publik, dan Aplikasi SIMAWAR
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Raodatun Raodatun
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:27
Last Modified: 26 Sep 2024 07:27
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10248

Actions (login required)

View Item View Item