STRATEGI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PEMBUATAN PASPOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Di Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bima)

NUR, FITRATUL AQIDAH (2024) STRATEGI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP PEMBUATAN PASPOR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN (Studi Kasus Di Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bima). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Nur Fitratul Aqidah (2020B1B032).pdf

Download (753kB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI_VITA Parafrse 4 (2).doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Strategi dalam pelayanan publik melibatkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat oleh pemerintah. Permasalahan utama adalah etika pelayanan yang tidak standar dan tidak adanya prosedur pasti, menyebabkan praktik seperti pungutan liar dan ketidakadilan dalam pelayanan. Hal ini menurunkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bima, dalam melayani pembuatan paspor, menghadapi tantangan serupa, seperti pelayanan tidak merata dan pengawasan yang lemah. Penelitian ini akan fokus pada strategi peningkatan kualitas pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bima dapat meningkatkan kualitas pelayanan pembuatan paspor melalui strategi peningkatan aksesibilitas layanan, penggunaan teknologi informasi, pelatihan petugas, dan orientasi pelanggan. Implementasi sistem antrean online, aplikasi digital, serta umpan balik masyarakat memastikan pelayanan berorientasi pelanggan. Evaluasi berkala dan kemitraan dengan berbagai pihak juga penting untuk memperbaiki kualitas layanan, sehingga memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan memuaskan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRossi, Maunofa Widayatnidn0825118501
Thesis advisorAprian, Jailaninidn0804049501
Uncontrolled Keywords: : Implementasi, Kebijakan, Jaminan Kesehatan Nasional
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nur Fitratul Aqidah
Date Deposited: 27 Sep 2024 01:52
Last Modified: 27 Sep 2024 01:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10247

Actions (login required)

View Item View Item