MEILISA, DWI YATINZA (2024) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA-TULIS SISWA KELAS III (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SENYIUR KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf Download (6MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (789kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor internal dan eksternal penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Senyiur. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III, guru kelas dan orang tua siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian 1) faktor internal penyebab rendahnya kemampuan literasi membaca dan menulis siswa kelas III terdiri dari: a) Sarana dan prasarana b) program literasi belum berjalan maksimal c) sekolah tidak memiliki tempat khusus untuk mendukung gerakan lierasi selain diperpustkaan d) ketersediaan buku pengetahuan dan bacaan yang menarik kemampuan literasi membaca dan menulis siswa masih kurang. 2) faktor eksternal penyebab rendahnya kemampuan literasi membaca a) lingkungan keluarga dan b) pengaruh menonton televisi dan penggunaan handphone.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Faktor Penyebab, Literasi Baca-Tulis, Studi Kasus | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Melisa Dwi Yatinza | |||||||||
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:45 | |||||||||
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:45 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10239 |
Actions (login required)
View Item |