ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM

RIDA, HASMAYANI (2024) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
RIDA HASMAYANI (2020A1H130).pdf

Download (642kB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI revisi paling Fiksssss_docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy

Abstract

Di Indonesia, kurikulum telah mengalami sejumlah perubahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan saat ini sedang diperkenalkan kurikulum merdeka atau konsep merdeka belajar. Kurikulum merdeka diperkenalkan sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan penerapan kurikulum sebelumnya mendorong pembelajaran lebih intraktif dan menumbuhkan karakter khususnya pada karakter sosial (kecerdasan interpersonal) siswa sekolah dasar, anak yang kurang dalam kecerdasan interpersonal maka anak tersebut akan kesulitan dalam bersosialisasi sehingga hal ini membuat anak menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka terhadap kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN 20 Ampenan dan SDN 26 Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 20 Ampenan dan SDN 26 Mataram di Kota Mataram telah berhasil meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar. Ini tercapai melalui pembelajaran berbasis proyek (P5) yang menekankan pada pengalaman praktis dan kolaborasi antar siswa. Namun, proses ini menghadapi kendala seperti kurangnya pelatihan teknis bagi guru, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan fasilitas sekolah. Solusi untuk mengatasi kendala ini mencakup peningkatan pelatihan teknologi bagi guru, pengembangan program pembelajaran yangdipersonalisasi, serta peningkatan infrastruktur dan kolaborasi dengan orang tua.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSintayana, Muhadininidn0810018901
Thesis advisorYuni, Mariyatinidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Kecerdasan Interpersonal.
Subjects: 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Lembaga Penjaminan Mutu Internal (LPMI) > Fakultal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 Perpustakaan > Dokumen Arsip
Fakultas Agama Islam > Dokumen Arsip

Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Laporan Tugas Akhir
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Fakultas Hukum > Hukum > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ridha Hasmayani
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:14
Last Modified: 25 Sep 2024 04:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10232

Actions (login required)

View Item View Item