RIDA, HASMAYANI (2024) ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SEKOLAH DASAR DI KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RIDA HASMAYANI (2020A1H130).pdf Download (642kB) |
|
Text (similarity check)
SKRIPSI revisi paling Fiksssss_docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) | Request a copy |
Abstract
Di Indonesia, kurikulum telah mengalami sejumlah perubahan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan saat ini sedang diperkenalkan kurikulum merdeka atau konsep merdeka belajar. Kurikulum merdeka diperkenalkan sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan penerapan kurikulum sebelumnya mendorong pembelajaran lebih intraktif dan menumbuhkan karakter khususnya pada karakter sosial (kecerdasan interpersonal) siswa sekolah dasar, anak yang kurang dalam kecerdasan interpersonal maka anak tersebut akan kesulitan dalam bersosialisasi sehingga hal ini membuat anak menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka terhadap kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN 20 Ampenan dan SDN 26 Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 20 Ampenan dan SDN 26 Mataram di Kota Mataram telah berhasil meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar. Ini tercapai melalui pembelajaran berbasis proyek (P5) yang menekankan pada pengalaman praktis dan kolaborasi antar siswa. Namun, proses ini menghadapi kendala seperti kurangnya pelatihan teknis bagi guru, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan fasilitas sekolah. Solusi untuk mengatasi kendala ini mencakup peningkatan pelatihan teknologi bagi guru, pengembangan program pembelajaran yangdipersonalisasi, serta peningkatan infrastruktur dan kolaborasi dengan orang tua.
Actions (login required)
View Item |