kAJIAN LAPIS ULANG PADA RUAS JALAN DATO KEDARO, KEC. LEMBAR

PAUL, JULIAN ALFANDA (2024) kAJIAN LAPIS ULANG PADA RUAS JALAN DATO KEDARO, KEC. LEMBAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
FILE SIMILIRATY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB 1 DAN BAB 5.pdf

Download (757kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkerasan jalan merupakan lapisan perkerasan yang terletak di antara lapisan tanah dasar dan roda kendaraan, yang berfungsi memberikan pelayanan kepada sarana transportasi, dan selama masa pelayanannya diharapkan tidak terjadi kerusakan yang berarti. Agar perkerasan jalan yang sesuai dengan mutu yang diharapkan, maka pengetahuan tentang sifat, pengadaan dan pengolahan dari bahan penyusun perkerasan jalan sangat diperlukan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan 2 jenis data, yaitu data primer data sekunder. Data primer dalam penelitian ini adalah data geometrik pada jalan dato kedaro kec. Lembar, sedangkan data sekundernya adalah data LHR tahun 2017 dan data Lendutan bengkleman yang didapatkan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil perhitungan Beban Sumbu Standar Kendaraan dengan menggunakan data data tersebut didapatkan nilai ESA4 yaitu 17.197.720 dan nilai ESA5 sebesar 21.332.590. Adapun prosedur perencanaan tebal overlay yang digunakan yaitu Penentuan Tebal Overlay Menggunakan DO (Lendutan Maks.) dengan menggunakan Gambar 4.1. Hal ini berdasarkan pada beban lalu lintas yang didapatkan, yaitu 100.000 ESA4. Prosedur Penentuan Tebal overlay Menggunakan DO (Lendutan Maks.) digunakan agar dapat menetapkan ketebalan overlay untuk menghindari permanen deformasi (Manual Desain Perkerasan Jalan, 2017). Ketebalan overlay yang didasarkan pada nilai D0 atau nilai lendutan maksimum, mengacu pada MDPJ 2017 maka diketahui hasil perhitungan ketebalan overlay berdasarkan lendutan maksimum adalah 40 mm, dengan tebal minimum overlay untuk mencegah retak lelah untuk beban lalu lintas adalah 70 mm, dan teabal overlay minimum untuk perbaikan bentuk adalah 85 mm.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorADIMAN, FARIYADINnidn0809038801
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Lapis Tambah (Overlay), Perkerasan Lentur, Manual Desain Perkerasan Jalan 2017
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Paul Juliana Alfanda
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:52
Last Modified: 24 Sep 2024 07:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10206

Actions (login required)

View Item View Item