PENGARUH PENEMPATAN U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ( STUDI KASUS JL. MAJAPAHIT – DEPAN UNIVERSITAS NEGERI MATARAM PROVINSI NTB )

NANDA, RUNGGANI (2024) PENGARUH PENEMPATAN U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN ( STUDI KASUS JL. MAJAPAHIT – DEPAN UNIVERSITAS NEGERI MATARAM PROVINSI NTB ). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I, BAB V.pdf

Download (852kB)
[img] Text
COVER,DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
file similiraty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan transportasi di kota-kota besar di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu sejalan dengan pertumbuhan populasi penduduk pesatnya tingkat pertumbuhan jumlah kendaraan dan kepemilikan kendaraan urbanisasi serta sistem angkutan umum yang kurang efisien. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui karakteristik arus lalu lintas, berapa volume lalu lintas dan bagaimana tingkat pelayanan di ruas jalan tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi kepada pemerintah Kota Mataram dalam mengambil suatu kebijakan pada ruas jalan tersebut. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini menggunakan MKJI 1997. Dalam melakukan suatu penelitian akan dibutuhkan susunan langkah penelitian yaitu kita harus mempelajari topik penelitian, penguraian data, analisa waktu, perhitungan dan yang terakhir perhitungan. Untuk alat-alat yang dibutuhkan adalah formulir penelitian, meteran, traffic counter dan jam tangan. Berdasarkan perhitungan kinerja ruas pada kondisi saat ini, Volume kendaraan yang terbesar di dapatkan pada Jl. Majapahit pada Senin 05 Agustus 2024 ) arah Utara – Selatan sebesar 4697 pada jam 17.00-18.00, volume kendaraan yang melakukan putar balik arah sebesar 97 kendaraan di jam 16.30-17.30 (rabu 03 juli2024) arah Utara – Selatan. Untuk kecepatan kendaraan saat melakukan Uturn adalah 5,20 km/jam utara – selatan dan arah selatan – utara 5,05 km/jam, dan memiliki Tingkat pelayanan tertinggi yaitu 0,41 sehingga dikategorikan masuk dalam tingkat pelayanan B yang artinya lalu lintas agak ramai, kecepatan menurun.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorADIMAN, FARIYADINnidn0809038801
Uncontrolled Keywords: U-turn, Volume lalu lintas, Drajat kejenuhan, Tingkat pelayanan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nanda Runggani
Date Deposited: 23 Sep 2024 04:12
Last Modified: 23 Sep 2024 04:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10200

Actions (login required)

View Item View Item