PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN 15 MATARAM

AYU, FEBRYANI (2024) PENGARUH MEDIA POSTER BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN 15 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER ABSTRAK BAB 1 & BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 COVER -DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
AYU FEBRYANI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini muncul dari hasil pengamatan dan penelitian, bahwa media poster adalah salah satu media yang menarik dan dapat menumbuhkan semangat belajar bagi peserta didik kelas tinggi sekolah dasar. Disisi lain media poster dapat memudahkan siswa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media poster berbasis inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berbicara siswa kelas 4 SDN 15 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimental Research (Penelitian Eksperimen Semu), dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas 4A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 15 siswa dan kelas 4B sebagai kelas kontrol, dengan jumlah 15 siswa. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 57,6 dan setelah dilakukan post-test meningkat menjadi 78,53 untuk kelas kontrol sendiri diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 59,4 dan post-test mengalami peningkatan menjadi 67,5. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dalam materi kalimat persuasif untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa menggunakan pengamatan berupa pre-test dan post-test. data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows. Pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai sig. 0,301 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh dari media poster terhadap kemampuan berbicara pada siswa kelas 4 SDN 15 Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Thesis advisorBaiq, Desi Milandarinidn0808128901
Uncontrolled Keywords: media poster, inkuiri terbimbing, kemampuan berbicara.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Febriyani
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:32
Last Modified: 09 Oct 2024 02:32
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10124

Actions (login required)

View Item View Item