OPTIMALISASI FUNRAISING ZAKAT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (IT) STUDI PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, MUHAMMADIYAH LAZISMU NTB

RADIATUL, AULIA (2024) OPTIMALISASI FUNRAISING ZAKAT BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (IT) STUDI PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ, SEDEKAH, MUHAMMADIYAH LAZISMU NTB. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimalisasi fundraising zakat berbasis teknologi informasi di Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) NTB. Dalam era digital, pemanfaatan teknologi informasi (TI) menjadi sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengumpulan zakat. Penelitian ini mengidentifikasi manfaat utama TI dalam fundraising zakat, seperti akses yang lebih luas kepada donatur, efisiensi operasional, peningkatan transparansi, dan kampanye yang lebih menarik. Strategi yang diusulkan meliputi pengembangan website dan aplikasi mobile yang interaktif, pemanfaatan media sosial untuk kampanye donasi, penerapan sistem manajemen donatur melalui CRM, kolaborasi dengan platform crowdfunding, serta integrasi berbagai metode pembayaran digital. Implementasi teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah dan retensi donatur, serta keterlibatan mereka melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa optimalisasi fundraising zakat berbasis TI di Lazismu NTb dapat meningkatkan efisiensi penggalangan dana dan memperluas dampak sosial program-program kemanusiaan yang dijalankan. Implementasi TI yang terencana dan pengukuran keberhasilan yang tepat menjadi kunci keberlanjutan dan adaptasi Lazismu NTB dalam perkembangan teknologi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUKHLISHIN, MUKHLISHINnidn0809079002
Thesis advisorZAENAFI, ARIANInidn0804068201
Uncontrolled Keywords: Fundraising Zakat, Teknologi Informasi, LAZISMU NTB, Efisiensi, Donatur.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Radiatul Aulia
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:18
Last Modified: 09 Oct 2024 02:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10117

Actions (login required)

View Item View Item