EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024

YUSRIL, IZAMAHENDRA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SDN 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2023/2024. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
01 COVER ABSTRAK BAB1 & BAB 5.pdf

Download (806kB)
[img] Text
02 COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity Check)
Yusril Izamahendra.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Modul ajar merupakan bahan ajar yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan pendidik. Modul berisi tentang petunjuk belajar, dengan topik dan tujuan yang diinginkan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul ajar bahasa indonesia berbasis masalah terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 15 Mataram tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian quasi eksperimental designe dengan jumlah sampel 30 siswa kelas II di SDN 15 Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes rubrik dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Berdasarkan analisis data bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung ≥ 〖 t〗_tabel, dan nilai sig ≤ 0,05 (0,003 ≤ 0,05). Maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan, bahwa ada efektivitas penggunaan modul ajar bahasa indonesia berbasis masalah terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SDN 15 Mataram Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSintayana, Muhardininidn0810018901
Thesis advisorArpan, Islami Bilalnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Masalah, Kemampuan Membaca Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Yusril Izamahendra
Date Deposited: 13 Nov 2024 06:55
Last Modified: 13 Nov 2024 06:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10116

Actions (login required)

View Item View Item