UPAYA GURU DAN TENAGA PENDIDIKAN MENGANALIS PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI MTs NURUL HIDAYAH NW BAKONG DASAN DESA LEMBAR KECAMATAN LEMBAR

Suriani, Suriani (2024) UPAYA GURU DAN TENAGA PENDIDIKAN MENGANALIS PERILAKU BULLYING ANTAR SISWA DI MTs NURUL HIDAYAH NW BAKONG DASAN DESA LEMBAR KECAMATAN LEMBAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover, Abstrak, BAB I dan BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Cover - Daftar Pustaka Skripsi Suriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
FILE PLAGIASI SURIANI 39%.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena bullying sudah lama menjadi bagian dari dinamika sekolah Pada umumnya orang lebih mengenainya dengan istilah-istilah seperti penggencetan, intimidasi dan lain-lain Istilah bullying sendiri memiliki makna yang lebih luas, trauma dan tak berdaya Proses bullying biasa terjadi diberbagai tingkat sekolah baik SD SMA bahkan di perguruan tinggi itu sendiri Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk analisis persepsi guru tentang perilaku bullying, analisis bentuk bullying yang terjadi, mengetahui apa saja pendorong kasus bullying, mengetahui saja tantangan dalam menangani kasus bullying, dan mendeskripsikan upaya mitigasi yang dilakukan guru untuk meminimalisir perilaku bullying. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah bernama MTs Nurul Hidayah NW, di wilayah Bakong Dasan. Hasil penelitian ini dirampungkan oleh penulis menggunakan data kuantitatif, sumber data merupakan tempat atau sumber informasi dari mana data itu diperoleh sumber data bisa berupa dokumen resmi, literatur dan sumber data yang lainnya seperti data primer dan data sekunder. Peneliti menggunakan data primer dan data sekunder. Data adalah kumpulan fakta yang diperoleh dari suatu pengukuran dan dokumentasi, proses dalam melakukan penelitian khususnya penelitian kuantitatif, peneliti memerlukan instrumen penelitian untuk memperoleh data Instrumen yang digunakan yaitu wanwancara dan kuesioner. Bullying menurut guru di MTs Nurul Hidayah Nw Bakong Dasan adalah suatu insiden yang menyebabkan dampak negatif terhadap korban pembulian. Seperti mental sang korban semakin hari semakin buruk, tidak dapat memiliki kepercayaan diri lagi untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya maupun juga dengan masyarakat. Maraknya kasus bullying di sekolah dibutuhkan bagaimana persepsi guru tentang perilaku bullying, jenis bullying, pendorong kasus bullying, tantangan menangani kasus bullying dan upaya dalam pencegahan kasus bullying.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorJunaidin, Junaidinnidn0802048904
Thesis advisorNurin, Rochayatinidn0810107901
Uncontrolled Keywords: Siswa, Sekolah, Bullying
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 305 Kelompok Sosial
300 Ilmu Sosial > 348 Undang-undang, peraturan-peraturan, perkara-perkara
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Suriani Suriani
Date Deposited: 27 Sep 2024 09:26
Last Modified: 27 Sep 2024 09:26
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10094

Actions (login required)

View Item View Item