WIDAYANTI, WIDAYANTI (2024) PENERAPAN EKSTRAKURIKULER KELAS LITERASI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA SISWA KELAS IV MI NURUL QUR’AN PAGUTAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf Download (6MB) |
|
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa menanamkan literasi pada anak sangat penting untuk membantu mereka memahami dunia dengan lebih luas Mengingat pendidikan di Indonesia memiliki peringkat yang masih terbilang rendah dibandingkan dengan negara lain. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya literasi atau minat baca terutama di dunia pendidikan. Metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode yang menjelaskan atau mendeskripsikan fakta, data, dan objek secara sistematis dan sesuai dengan situasi alamiah yang diteliti. Sumber data dalam dalam peneitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV, koordinator kelas literasi dan siswa MI Nurul Qur,an Pagutan. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Tekhnik Analisis Data digunakan adalah pemgumpulan data, reduksi data (Reduction), penyajian data (Data display) dan penarikan kesimpulan. (verivication). Untuk Pengecekan keabsahan data digunakan, triangulasi tekhnik, meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan reverensi. Adapun hasil penelitian ini yaitu Penerapan ektrakurikuler kelas literasi terbagi dalam beberapa di antaranya, mengupayakan lingkungan fisik sekolah yang ramah dan nyaman sebagai tempat literasi, mengupayakan perpustakaan sekolah sebagai tempat literasi, bekerja sama dengan perpusatakaan kota untuk mendukung buku bacaan, melibatkan orang tua siswa dalam mempromosikan membaca di rumah untuk mendukung kegiatan literasi, serta memberikan motivasi dan menerapkan pojok baca. Kemudian peningkatkan kemampuan baca siswa di MI Nurul Qur’an yakni, upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca siswa seperti literasi baca tulis, storytelling, dan menggunakan media pembelajaran yang menarik, peningkatan kemampuan baca siswa diantaranya, siswa mampu berpikir secara kritis, peningkatan keterampilan membaca, Perubahan minat dan motivasi belajar, serta berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Ekstrakurikuler, Kelas Literasi, peningkatan kemampuan baca. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Widayanti Widayanti | |||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 10:06 | |||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 10:06 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10083 |
Actions (login required)
View Item |