PENGARUH PENANAMAN TANAMAN GAHARU TERHADAP TINGKAT KUALITAS TANAH DI DESA PUSUK LESTARI

MUHAMMAD, AZANI (2024) PENGARUH PENANAMAN TANAMAN GAHARU TERHADAP TINGKAT KUALITAS TANAH DI DESA PUSUK LESTARI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Satu File Skripsi dari Cover Sampai Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Satu File (Cover, Abstrak, BAB I dan BAB V).pdf

Download (699kB)
[img] Text
File Similarity Muhammad Azani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Gaharu merupakan tanaman penghasil gubal yang berwarna kehitaman dan mengandung resin khas yang dihasilkan oleh sejumlah spesies pohon dari marga/genus Aquilaria, terutama A.malaccensis. Tanaman Gaharu di Desa Pusuk Lestari dijadikan sebagai tanaman konservasi yang di tanam pada sejumlah sebaran di wilayah hutan konservasi Pusuk Lestari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penanaman Gaharu terhadap kalitas tanah, apakah dengan penanaman tanaman Gaharu mampu menjadi solusi yang efektif dalam instrumen tingkat kualitas tanah yang berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pengujian beberapa parameter di Labolatorium serta identifikasi secara langsung di lapangan. Parameter yang dianalisis pada penelitian ini antara lain C-Organik, KL, BV, BJ, Porositas, Makroorganisme, Anakan Gaharu, Klasifikasi Gaharu, LBDs, serta luasan kanopi sampel tanaman gaharu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi tanah pada lokasi penelitian dengan nilai kondisi tanah yang tergolong sesuai yakni nilai C-Organik = 2.23%, KL = 6.26%, BV = 1.03 g/m3, BJ = 2.13 g/m3, Porositas = 53%, Makroorganisme sesuai ekosistem, regenerasi tanaman Gahru pada zona perakaran pada 1LAU3 menunjukkan banyak anakan yang tumbuh karena kanopi yang terbuka sehingga biji mampu tumbuh hingga fase semai. Biji tanaman Gaharu yang bersifat rekalsitran yakni benih yang mengalami pertahanan hidup cepat rusak pada kondisi kadar air yang sedikit berkisar 12%-31% sehingga apabila terlalu lama maka akan mengalami kemunduran benih. Untuk mendapatkan hasil kualitas tanah yang baik maka dengan mengukur kanopi dan LBDs sebagai benuk klasifikasi tanaman Gaharu juga penting untuk dilaksanakan karena akan berpengaruh terhadap iklim mikro.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNAZARUDDIN, NAZARUDDINnip19590351984031013
Thesis advisorMuliatiningsih, Muliatiningsihnidn0822058001
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 630 Pertanian & Ilmu Berkaitan > 630.7 Pendidikan Pertanian, Riset Penelitian Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Teknik Pertanian > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Azani
Date Deposited: 17 Sep 2024 06:22
Last Modified: 17 Sep 2024 06:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10060

Actions (login required)

View Item View Item