PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PjBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

ADE, PUTRI DELVIA CAHYATI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PjBL BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER,ABSTRAK,BAB I DAN BAB V.pdf

Download (11MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran PjBL berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Bahasa indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan Nonequivalent Control Group Desig. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah kelas yaitu kelas IVA dengan sampel 25 siswa yang akan menggunakan media audiovisual dan kelas IVB dengan sampel 23 siswa yang akan menggunakan media gambar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes berupa pilihan ganda (pretest dan Postest), observasi dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran PjBL berbantuan media audiovisual sebesar 80.60 sedangkan hasil belajar dengan model pembelajaran Direct Learning sebesar 70.43. Uji normalitas dengan nilai signifikasi >0,05 dikatakan berdistribusi normal, sedangkan untuk uji hipotesis dengan menggunakan uji t, diproleh data 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran PjBL berbantuan media audiovisual lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran Direct Learning.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: PjBL, hasil belajar, bahasa indonesia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ade Putri Delvia Cahyati
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:29
Last Modified: 09 Oct 2024 02:29
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10046

Actions (login required)

View Item View Item