PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 27 MATARAM

FATURAHMAN, FATURAHMAN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DRAMATIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 27 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, BAB I DAN BAB V_FATURAHMAN_NIM 2020A1H009_PGSD - Salin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA_FATURAHMAN_NIM 2020A1H009_PGSD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Faturahman.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran dramatic learning ini diharapkan melibatkan siswa sebagai pelakon sehingga memberikan pemahaman, pengertian, dan pengetahuan (materi yang diajarkan) melalui lakon. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dramatik learning terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 27 Mataram Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian quasi eksperimental designe dengan jumlah sampel 35 siswa kelas V di 27 Mataram, yang terdiri dari kelas V A berjumlah 17 sebagai kelas eksperimen dan V B berjumlah 18 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Berdasarkan analisis data bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai t_hitung≥ t_tabel, dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran dramatic learning terhadap kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 27 Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBILAL, ARPAN ISLAMInidn080608101
Thesis advisorMARIYATI, YUNInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Dramatic Learning, Kemampuan Berbicara Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: faturrahman faturrahman
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:09
Last Modified: 26 Sep 2024 08:09
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10042

Actions (login required)

View Item View Item