ENHANCHING DIGITAL LITERACY THROUGH THE YOUTUBE VIDEOS IN VOCABULARY LEARNING; STUDENT PERCEPTION

MAHARANI, RISKA (2024) ENHANCHING DIGITAL LITERACY THROUGH THE YOUTUBE VIDEOS IN VOCABULARY LEARNING; STUDENT PERCEPTION. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
RISKA MAHARANI (2020A1B017).pdf

Download (668kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (similarty check)
RISKA MAHARANI (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (836kB) | Request a copy

Abstract

YouTube adalah platform yang berharga untuk belajar bahasa Inggris, menyediakan media yang mudah diakses untuk akuisisi kosakata. Namun, siswa kelas 10 di SMK Asima' Darul Falah di Bajur, Nusa Tenggara Barat, masih kesulitan untuk menggunakan teknologi ini dengan lancar. Selain itu, kurangnya kesadaran dan pengalaman menggunakan YouTube sebagai alat pembelajaran juga berkontribusi terhadap kesulitan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi siswa dalam meningkatkan literasi digital melalui penggunaan YouTube untuk pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan 15 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Kuesioner terdiri dari 15 pertanyaan dengan skala Likert 5 poin, didistribusikan melalui Google Formulir, sedangkan wawancara menilai persepsi siswa setelah menggunakan YouTube untuk pembelajaran. Kuesioner terdiri dari 15 pertanyaan dengan skala Likert 5 poin, didistribusikan melalui Google Formulir, sementara wawancara menilai persepsi siswa setelah menggunakan YouTube untuk belajar. Temuan menunjukkan bahwa siswa menganggap YouTube sebagai alat yang memuaskan dan berguna untuk meningkatkan literasi digital dan mempelajari kosakata bahasa Inggris. Kesimpulannya, siswa kelas 10 di SMK Asima' Darul Falah memiliki persepsi positif terhadap peran YouTube dalam meningkatkan literasi digital dan pembelajaran kosakata bahasa Inggris, dengan akses tambahan yang membantu pemahaman dan praktik kosakata mereka.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorILHAM, ILHAMnidn0801048001
Thesis advisorHIJRIL, ISMAILnidn0807068402
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Video YouTube, Pembelajaran Kosakata, Persepsi Siswa
Subjects: 400 Bahasa > 492 Bahasa Lain
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rizka Maharani
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:00
Last Modified: 26 Sep 2024 08:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item View Item