AGUS, PRAMANA (2020) EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG BANDARA INTERNASIONAL LOMBOK SETELAH PENGEMBANGAN TERMINAL TAHUN 2018-2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].
Text
fix cover - bab3 EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG BIL SETELAH PENGEMBANGAN TERMINAL TAHUN 2018 2019 AGUS PRAMANA.pdf Download (5MB) |
|
Text
fix bab4 EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG BIL SETELAH PENGEMBANGAN TERMINAL TAHUN 2018 2019 AGUS PRAMANA.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text
fix bab 5 - lampiran EVALUASI PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG BIL SETELAH PENGEMBANGAN TERMINAL TAHUN 2018 2019 AGUS PRAMANA.pdf Download (17MB) |
Abstract
Bandara Internasional Lombok adalah salah satu dari 13 bandar udara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.Selain aspek keselamatan dan keamanan, paradigma dunia penerbangan modern telah menempatkan aspek pelayanan (Services) sebagai prioritas penyelanggaraan jasa kebandarudaraan dalam mewujudkan visi penerbangan 3S+1C (Safety, Security, Service, Complience). Penelitian ini bertujuan meninjau proses pergerakan penumpang dalam terminal, mengukur tingkat kepuasan penumpang dan menilai pelayanan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan di lapangan dan survey kuesioner. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 1 April 2020 sampai dengan 2 April 2020. Pengolahan data dilakukan dengan mengevaluasi pergerakan penumpang dalam terminal, menganalisis tingkat kepuasan penumpang menggunakan metode Importance and Performance Analysis (IPA), dan menganalisis pelayanan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 178 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara. Hasil penelitian menunjukkan sirkulasi penumpang dalam terminal Bandara Internasional Lombok sudah sangat baik, keseluruhan pelayanan penumpang domestik yang dilakukan oleh Bandara Internasional Lombok dianggap sangat memuaskan, proses keberangkatan dan kedatangan penumpang domestik termasuk klasifikasi nilai A = Istimewa, pada fasilitas yang memberikan kenyamanantermasuk klasifikasi nilai B = Baik Sekali, dan fasilitas yang memberikan nilai tambahtermasuk klasifikasi nilai A = Istimewa. Kata kunci :Bandara, Terminal Penumpang, Tingkat kepuasan, Standar Pelayanan, Importance and Performance Analysis.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bandara, Terminal Penumpang, Tingkat kepuasan, Standar Pelayanan, Importance and Performance Analysis. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 387 Transportasi | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Ridwan Ridwan | |||||||||
Date Deposited: | 24 Aug 2020 03:46 | |||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2020 03:46 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1002 |
Actions (login required)
View Item |