PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA (FISIKA) BERBASIS PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 2 NARMADA DAN SMP NEGERI 3 NARMADA Di Ajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Studi S-1 Pada Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram.

Muliani, Muliani (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA (FISIKA) BERBASIS PHET SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF SISWA DI SMP NEGERI 2 NARMADA DAN SMP NEGERI 3 NARMADA Di Ajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Studi S-1 Pada Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER DAN BAB III mull.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV mull.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V DAN LAMPIRAN mull.pdf

Download (3MB)
[img] Text (similarity check)
REVISI palagiasi 3 MULKK (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini merupakan salah satu sayarat untuk melakukan penelitian guna mendapatkan gelar sarjana pada Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Siswa harus melakukan penelitian dan terlibat dalam pemecahan masalah saat mereka belajar tentang komponen dasar sains, yaitu produk, proses, dan sikap. Tujuan dari pada modul ini adalah Mengembangkan media pembelajaran berupa modul Phet simulation yaitu, Mengetahui respon siswa dan guru terhadap media pembelajaran modul IPA fisika berbasis Phet simulation, Meningkatkan efektifitas media pembelajaran dengan program pengembangan modul IPA berbasis Phet simulation. Dalam menggunakan model pengembangan modul berbasis PhET Peneliti memilih menggunakan model 4D dengan metode Research and Development (R&D). Model yang dikembangkan iyalah phet simulation. Peneliti memilih subjek penelitian di sekolah menengah atas (SMP). Instrumen tes digunnakan untuk mengukur kreativitas belajar siswa pada materi massa jenis yang diukur dari ranah kogitif yaitu kemampuan mengingat, memahami, mengaplikasikan, mengevaluasi, dan mencipta. Instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda yang berisi 15 butir soal dan 5 butir uraian yang telah disesuaikan dengan indikator kreativitas belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini terdiri dari hasil tahapan-tahapan penelitian pengembangan model 4D yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil analisis lembar keterlaksanaan pembelajaran observasi I (95,31%), observasi II (94,89%) Dan modul bisa dikatakan praktis untuk digunakan karena rata-rata kreativitas N-Gain di SMP NEGERI 2 Narmada 0.39 Dan di SMP NEGERI 3 Narmada 0.36.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Isnaininidn0801048503
Thesis advisorLinda, Sekar Utaminidn0817088304
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengembangan, Modul Ajar IPA, Phet Simulation, Berfikir Kreatif.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 530 Fisika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muliani Muliani
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:24
Last Modified: 28 Mar 2024 03:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/9075

Actions (login required)

View Item View Item