STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK NTB SYARIAH CABANG MATARAM (Studi Kasus Bank NTB Syariah Cabang Mataram)

NADIA, NADIA (2024) STRATEGI PEMASARAN YANG EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK NTB SYARIAH CABANG MATARAM (Studi Kasus Bank NTB Syariah Cabang Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III_BARU.pdf

Download (14MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SIMILARITY CEK NADIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB) | Request a copy

Abstract

Pemasaran adalah suatu kegiatan bisnis dengan merencanakan, menentukan harga, mempromosikan serta mendistribusikan barang dan jasa yang memenuhi kepuasan pelanggan Tabungan haji adalah tabungan yang menggunakan prinsip Mudharabah, karena sistem bagi hasil yang menarik. Mudharabah merupakan simpanan pihak ketiga yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada saat nasabah akan menunaikan ibadah haji atau pada saat tertentu sesuai dengan yang diperjanjikan. Simpanan ini menerapkan titipan dan imbalan dengan sistem bagi hasil Mudharabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan pendekatan deskriptif. Metode yang di terapkan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang merupakan sebuah pendekatan yang dilakukan dengan menelaah berbagai karakteristik seseorang atau masyarakat dalam priode waktu tertentu dan mengungkap situasi sosial tertentu, teknik pengumpulan dan analisis data yang releven yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Lokasi penelitian ini di Bank NTB Syariah KCP Mataram. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bank NTB Syariah khususnya pada produk tabunga haji yaitu dilakukan secara online maupun offline dengan menggunakan strategi pemasaran yaitu menggunakan strategi segmenting, targeting, dan positioningi. Selain itu, dengan mengembangkan marketing mix 7P dan 1S atau bauran pemasaran yang terdiri dari tujuh unsur yaitu produk, harga, proses, tempat, orang, tampilan fisik, promosi dan syariah. Yang mana dengan menggunakan perumusan strategi pemasaran tersebut bertujuan untuk menarik minat nasabah dan mempertahankan loyalitas nasabah menggunakan produk tabungan haji. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan haji diantaranya yaitu persaingan antar sales Bank NTB Syariah dengan bank lainnya yang sama-sama menawarkan produk yang sama. Banyaknya lembaga keungan yang melakukan pembiayaan produk sejenis tabungan haji dan masyarakat yang beranggapan bahwa bagi mereka tidak mudah mengumpulkan uang untuk ongkos naik haji yang mencapai puluhan juta.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIN, SALEHnidn0831128310
Thesis advisorERWIN, ASIDAHnidn0812047201
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, nasabah, tabungan haji
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nadia Nadia
Date Deposited: 23 Mar 2024 04:55
Last Modified: 23 Mar 2024 04:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8976

Actions (login required)

View Item View Item