ANALISA KINERJA LALU LINTAS BUNDARAN GERUNG LOMBOK BARAT

MARDIANTI, MARDIANTI (2024) ANALISA KINERJA LALU LINTAS BUNDARAN GERUNG LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengendalian berbentuk bundaran (Roundabout) merupakan bagian dari perencanaan jalan raya yang amat penting. Pada bundaran terjadi konflik antara kendaraan yang berbeda kepentingan, asal maupun tujuan. Berkaitan dengan hal tersebut perencanaan bundaran harus direncanakan dengan cermat, sehingga tidak menimbulkan akses yang lebih buruk, misalnya kemacetan lalu lintas. Kemacetan lalu lintas menimbulkan kerugian yang lebih besar yaitu biaya yang makin tinggi akibat pemborosan bahan bakar, polusi udara, kebisingan dan keterlambatan arus barang dan jasa. Bundaran Gerung merupakan salah satu bundaran penting di Kabupaten Lombok Barat, Khususnya di kawasan Bundaran, diperlukan strategi lalu lintas yang tepat agar arus lalu lintas tetap lancar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Berapa Volume lalu lintas dan bagaimana tingkat pelayanan pada Bundaran Gerung Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat (2) Bagaimana kinerja pada Bundaran Gerung Kabupaten Lombok Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pengumpulan data diperoleh melalui survey di lapangan dan parameternya meliputi: Kondisi Geometrik, kondisi kondisi lalu lintas, dan kondisi lingkungan. Instrumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survey, alat tulis, jam dan roll meter. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada Bundaran Gerung Kabupaten Lombok Barat diperoleh data dilapangan dengan arus total kendaraan (Q) 4625 smp/jam. Dengan komposisi arus lalu lintas ringan (LV) 3272 smp/jam, dan jenis kendaraan berat (HV) 30 smp/jam, kenderaan sepeda motor (MC) 1266 smp/jam. Analisa kinerja bundaran didapat bahwa tingkat pelayanan dari bundaraan berada pada tingkat A dimana kondisi arus lalu lintas bebas antara satu kendaraan dengan kendaraan yang lainnya, besarnya kecepatan sepenuhnya ditentukan oleh pengemudi dan sesuai dengan batas kecepatan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnid0819097401
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Uncontrolled Keywords: Tundaan, Panjang Antrian, Tingkat Pelayanan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mardianti Mardianti
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:42
Last Modified: 25 Mar 2024 07:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8968

Actions (login required)

View Item View Item