KAJIAN EFEKTIFITAS U-TURN PADA JALAN SRIWIJAYA (Studi Kasus Depan Toko Niaga Kota Mataram)

LALU, WIRA SURIJAYA (2020) KAJIAN EFEKTIFITAS U-TURN PADA JALAN SRIWIJAYA (Studi Kasus Depan Toko Niaga Kota Mataram). undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5- LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
UPT COVER-BAB lll.pdf

Download (11MB)

Abstract

Untuk mengakomodir pergerakan lalu lintas pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau gerakan U-Turn. Kendaraan saat melakukan gerak U-turn pada bukaan median membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga berakibat tertundanya pengguna jalan baik yang searah maupun berlawanan arah. Kendaraan yang melewati ruas jalan ini mengalami kecepatan relatif rendah sehingga memperburuk kondisi jalan; kendaraan akan melambat atau berhenti dan menimbulkan antrian kendaraan yang menyebabkan kemacetan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan U-turn, panjang antrian saat melakukan U-turn, dan untuk mengetahui tingkat pelayanan pada jalan Sriwijaya Kota Mataram. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan pedoman MKJI 1997. Penelitian ini dilakukan di Jalan Sriwijaya dengan studi kasus di depan Toko Niaga Kota Mataram. Pengambilan data dilakukan selama tiga hari, yaitu hari Senin, 13 januari 2020, hari Rabu,15 Januari 2020, dan hari Sabtu, 18 Januari 2020, masing-masing dari pukul 06.00 – 09.00 pagi hari, pukul 11.00-14.00 siang hari, dan pukul 15.00-18.00 WITA sore hari, dengan interval waktu 15 menit. Data yang di ambil di lapangan yaitu data LHR, data geometrik jalan, dan data kecepatan kendaraan yang melakukan U-turn. Hasil analisa data menurut MKJI 1997 menunjukkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan U-turn di Jalan Sriwijaya adalah 22,4 detik dengan panjang antrian saat melakukan U-turn sebesar 23 meter dengan tingkat pelayanan F. Kata kunci: U-turn, waktu tempuh, kapasitas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerISFANARI, ISFANARInidn0830086701
ReviewerTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Uncontrolled Keywords: U-turn, waktu tempuh, kapasitas.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 388 Transportasi Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 13 Mar 2020 02:36
Last Modified: 13 Mar 2020 02:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item