ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BERDASARKAN TAKSONOMI BARRET PADA SISWA KELAS V SDN 2 KURANJI MATARAM TAHUN 2023

INTAN, LESTARI (2024) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BERDASARKAN TAKSONOMI BARRET PADA SISWA KELAS V SDN 2 KURANJI MATARAM TAHUN 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
C0VER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V..pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
Similarity..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu analisis kemampuan membaca pemahaman siswa berdasarkan Taksonomi Barret dengan cara mendeskripsikan dan faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan kemampuan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini di laksanakan di SDN 2 Kuranji Mataram Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 24 orang siswa, dan wali kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman berdasarkan Taksonomi Barret adalah sebagai berikut: (1) Pemahaman harfiah dapat dikatagorikan tinggi dengan jumlah presentasi 83,33% (2) Pemahaman reorganisasi dapat dikatagorikan sedang dengan jumlah presentasi 54,16% (3) Pemahaman inferensial dapat dikatagorikan rendah dengan jumlah presentasi 41,66% (4) Pemahaman Evaluasi dapat dikatagorikan tinggi dengan jumlah presentasi 66,66% dan (5) Pemahaman apresiasi dapat dikatagorikan sedang dengan jumlah presentasi 54,16%. Adapun faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman adalah faktor internal meliputi: tingkatan intelejensia, emosi, pengetahuan tentang cara membaca, dan sikap dan minat. Sementara faktor eksternal meliputi: keadaan bacaan dan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorArpan, Islami Bilalnidn0806068101
Thesis advisorBaiq, Desi Milandarinidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Taksonomi Barret, Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Intan Lestari
Date Deposited: 20 Mar 2024 05:40
Last Modified: 20 Mar 2024 05:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item View Item