PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SDN 27 MATARAM

ASMA, WATI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM MATERI BANGUN DATAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SDN 27 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (similarity check)
Asma Wati.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan media audio visual berbantuan aplikasi powtoon merupakan suatu sarana yang mempunyai fungsi untuk membantu meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran, khususnya pada siswa kelas IV SDN 27 Mataram, pada materi bangun datar mata Pelajaran matematika. subjek uji coba pada Peneliti ini terdiri dari dua subjek yaitu (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada 7 siswa kelas 5 SDN 27 Mataram. (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada seluruh siswa kelas IV SDN 27 Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk megembangkan media pembelajaran audio visual berbantuan powton untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV SDN 27 Mataram pada materi bangun datar mata Pelajaran matematika yang memenuhi kriteia valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall adalah tahap Penelitian dan Pengumpulan Data (Research and information collecting) , tahap Perencanaan (Planning), tahap Pengembangan Draft Produk (Develop preliminary form of product), tahap Uji Coba Lapangan Awal (Preliminary field testin).tahap Merevisi Hasil Uji Coba (Main product revision), tahap Uji Coba Lapangan Utama (Main field testing), tahap Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan (Operational product revision), tahap Uji Pelaksanaan Lapangan Operasional/Empiris (Operationa field testing), tahap Penyempurnaan Produk (Final product revision). Hasil penilaian ahli Materi sebesar 89,23 % tingkat kualifikasi Sangat Valid, Sedangkan hasil skor total penilaian yang diberikan oleh Ahli Media sebesar 85,14 % yang berarti berada pada tingkat kualifikasi Sangat Valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba terbatas memperoleh nilai 86,1 % dikategorikan sangat praktis, dan penilaian dari hasil keefektifan nilai Pretest dan Postteet sebesar 81 %, sedangkan lembar observasi memperoleh hasil 95 % pada kategori sanga terlaksana.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Pengebangan, media audio visual berbantuan powtoon, minat belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Asma Wati
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:44
Last Modified: 19 Mar 2024 06:44
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8788

Actions (login required)

View Item View Item