ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI KABUPATEN BIMA (Studi di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima)

ANI, KURNIATI (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI KABUPATEN BIMA (Studi di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (656kB)
[img] Text (Similarity Check)
ANI KURNIATI (4).docx (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB) | Request a copy

Abstract

UMKM di Indonesia, termasuk di Provinsi NTB, menghadapi tantangan pemasaran dan akses informasi pasar. Kolaborasi pemerintah dan pelaku bisnis serta strategi pemasaran online penting untuk pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan. Contoh usaha UMKM di Kabupaten Bima adalah Tenunan Tembe Nggoli yang mengedepankan nilai-nilai budaya, penelitian ini berjudul Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kabupaten Bima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran yang dapat meningkatkan daya saing UMKM di Kabupaten Bima dan Apa saja faktor pendukung dan penghambatnya? Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, sedangkan data sekunder merupakan dokumen dan informasi pendukung. Kevalidan data diuji melalui partisipasi peneliti, keikutsertaan pengamatan, dan perpanjangan partisipasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data yang kemudian disimpulkan. Berdasarkan analisis data dan temuan lapangan, penelitian ini menemukan beberapa kesimpulan. Pertama, strategi pemasaran yang efektif dapat meningkatkan daya saing UMKM di Kabupaten Bima. Sasaran pasar UMKM meliputi berbagai lapisan masyarakat dan produk UMKM dapat dijangkau oleh semua golongan usia. UMKM juga fokus pada pembuatan produk berkualitas dan memperoleh izin dari lembaga PIRT. Kedua, UMKM di Kabupaten Bima memiliki kelebihan dalam strategi pemasaran, jaringan distribusi yang luas, dan kehadiran aktif di platform media sosial. Namun, mereka juga menghadapi beberapa hambatan seperti keterbatasan bahan baku, persaingan yang ketat, biaya produksi yang tinggi, dan masalah transportasi yang dapat menyebabkan keterlambatan pengiriman.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorPALAHUDDIN, PALAHUDDINnidn0031127316
Thesis advisorRAMAYANTO, RAMAYANTOnidn0809096702
Uncontrolled Keywords: Strategi Pem,asaran, UMKM Tembe Nggoli, Daya Saing UMKM
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ANI KURNIATI
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:39
Last Modified: 18 Mar 2024 03:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8718

Actions (login required)

View Item View Item