ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA

LITA, LESTARININGSI (2024) ANALISIS KESIAPAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text (similarity check)
LITA LESTARININGSI SKRIPSI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan merdeka belajar merupakan upaya reformasi sistem pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dan daya saing serta karakter profil pelajar pancasila. Dalam pengimplementasian kurikulum merdeka ini guru menjadi salah satu faktor penting yang sangat besar pengaruhnya, bahkan menentukan berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru serta kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru kelas I dan IV baik di SDN 2 Ampenan maupun SDN 35 Mataram telah siap mengimplementasikan kurikulum merdeka. Para guru telah memahami kurikulum merdeka walaupun belum sepenuhnya. Dalam pengimplementasian kurikulum merdeka ini ada dua kendala yang dihadapi guru diantaranya; (1) guru belum sepenuhnya memahami kurikulum merdeka, (2) perbedaan kesiapan belajar dan pencapaian peserta didik membuat guru kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut yaitu (1) mengikuti pelatihan secara mandiri di platfoam merdeka mengajar kapanpun dan dimanapun guru berada, (2) mengajar sesuai dengan hasil asesmen diagnostik, kemudian untuk sebagian kecil peserta didik yang belum siap dapat diberikan pendampingan atau pelajaran tambahan setelah pembelajaran berakhir.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Lita Lestariningsih
Date Deposited: 07 Mar 2024 03:11
Last Modified: 07 Mar 2024 03:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item View Item