ANALISIS ASPEK 5C (CHARACTER, CAPITAL, CAPACITY, COLLATERAL, AND CONDITION OF ECONOMY) TERHADAP KEPUTUSAN PENYALURAN KREDIT PADA KARYAWAN (Studi Kasus di Koperasi Pegawai “KOPEBI” Bank Indonesia Mataram)

ANOFTRIANANDA, SIMATUPANG (2020) ANALISIS ASPEK 5C (CHARACTER, CAPITAL, CAPACITY, COLLATERAL, AND CONDITION OF ECONOMY) TERHADAP KEPUTUSAN PENYALURAN KREDIT PADA KARYAWAN (Studi Kasus di Koperasi Pegawai “KOPEBI” Bank Indonesia Mataram). undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana menganalisis Aspek 5C (Character, Capital, Capacity, Collateral, And Condition Of Economy) berlaku bagi Koperasi Pegawai “KOPEBI” Bank Indonesia Mataram dengan begitu koperasi akan menyalurkan kredit dengan lebih hati-hati agar tidak merugikan segala pihak yang bersangkutan. tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis aspek 5C terhadap keputusan penyaluran kredit yang dilakukan di Koperasi Pegawai “KOPEBI” Bank Indonesia Mataram. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kehati-hatian pada lembaga-lembaga keuangan pada khususnya koperasi Pegawai “KOPEBI” Bank Indonesia Mataram dalam menyalurkan kredit. Dengan upaya dalam mengumpulkan data penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cendrung menggunakan analisis. Proses dan makna lebih di tonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya analisis Aspek 5C (Character, Capital, Capacity, Collateral, And Condition Of Economy). Character(watak) yang berhubungan dengan prilaku baik, bertanggungjawab terhadap pekerjaan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat, jujur, reputasi baik dimata karyawan yang lain, religius, berkomitmen, tidak menyulitkan Koperasi Pegawai “KOPEBI” Bank Indonesia Mataram. Capital (modal) yang berhubungan dengan sumber penghasilan, besar penghasilan tetap (gaji). Capacity (kemampuan) yang berhubungan dengan kemampuan memanage/mengatur keuangan yang berasal dari gaji, kemampuan membayar angsuran, membayar angsuran tepat waktu sampai lunas. Collateral (agunan) yang berhubungan dengan nilai barang jaminan itu sendiri. Condition of Economy (prospek usaha) yang berhubungan dengan keadaan pengembangan pekerjaan dari debitur, kondisi lingkungan. Kata kunci: analisis 5C, kredit bermasalah, dan pemberian keputusan kredit

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: analisis 5C, kredit bermasalah, dan pemberian keputusan kredit
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 334 Koperasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 11 Mar 2020 05:37
Last Modified: 11 Mar 2020 05:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item