ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM DI DESA MASBAGIK SELATANLOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT

LIA AYU, ASTINA (2020) ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PEMASARAN JAMUR TIRAM DI DESA MASBAGIK SELATANLOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SKRIPSI COVER - BAB III_.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI IV_.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI BAB V - LAMPIRAN_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jamur Tiram putih (Pleuratus florida) merupakan salah satu jenis jamur yang saat ini menjadi alternatif pilihan sebagai makanan sehat yang layak dikonsumsi. Prospek jamur yang bagus dan minat masyarakat yang semakin meningkat dalam mengkonsumsi jamur, membuat banyaknya pembudidaya jamur di NTB. Tidak heran pola pikir pemasaran yang akan digunakan oleh unit bisnis untuk mencapai tujuan pemasarannya disebut juga strategi pemasaran dan menghitung keuntungan dari analisis pendapatan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan dan strategi pemasaran jamur tiram di Desa Masbagik Selatan Lombok Timur NTB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Yang dimana subyek dalam penelitian ini adalah laporan data pemasaran Bale jamur tiram di wilayah Masbagik,Lombok Timur, NTB dan petani jamur tiram. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara,observasi,dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah bentuk deskriptif tabulasi dan statistik sederhana dengan bantuan kalkulator dan komputer. Analisis yang dilakukan adalah analisis pendapatan usaha, analisis efesiensi strategi pemasaran, yaitu: Strategi membangun hubungan dengan pengecer sebagai saluran distribusi utama, Strategi penjualan langsung, Strategi Harga. Hasil penelitian ini menunjukkan,berdasarkan analisis pendapatan usaha di peroleh setiap satu masa produksi jamur tiram Hasil penjualan Rata-rata selama 4 bln -Modal awal= hasil penjualan selama 4 bln (Rp.14,400,000 – Rp.4,000,000)= Rp.10,400,000.-, dari data tersebut Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa usaha jamur tiram tersebut menguntungkan karena hasil penjualan lumayan besar dan layak untuk dikembangkan.lalu berdasarkan analisis strategi pemasaran diperoleh Strategi penjualan langsung ini adalah fokus strategi pemasaran kedua yang dijalankan oleh Bale Jamur. Pemasaran langsung juga memperbanyak ceruk pemasaran yang dapat memperkenalkan produk-produk jamur tiram yang dihasilkan oleh Bale Jamurkepada konsumen.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorDARMANSYAH, DARMANSYAHnidn008075914
Thesis advisorBAIQ REINELDA, TRI YUNARNInidn0807058301
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Strategi Pemasaran, Jamur Tiram
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 10 Mar 2020 03:38
Last Modified: 15 Jun 2021 01:32
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item