PENGARUH PENGGUNAAN AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 2 KURANJI TAHUN 2022/2023

ASRIATI, ASRIATI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA BELAJAR SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN 2 KURANJI TAHUN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
SKRIPSI_ASRIATI_rev_4.(1)ACCdocx.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan pada penelitian ini bagaimana pengaruh penggunaan audio visual sebagai media belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada tema 1 subtema 1 kelas IV SDN 2 Kuranji Tahun 2023/2024.Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Eksperimental Research (Penelitian Eksperimen Semu) dengan menggunakan audio visual sebagai media belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SDN 2 Kuranji dengan jumlah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 siswa dan siswa kelas IVB sebagai kelas kontrol sebanyak 15 siswa dengan jumlah total 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas IVA sebagai kelas Eksperimen dengan jumlah 15 siswa dan kelas IVB sebagai kelas Kontrol, dengan jumlah 15 siswa. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 59,33 dan setelah dilkukan post-test meningkat menjadi 77,33 untuk kelas kontrol sendiri diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 52,33 dan post-test mengalami peningkatan menjadi 59,33. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan kognitif siswa penilaian berupa pre-test dan post-test dengan menggunakan soal. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows. Pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai sig. 0,413 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh dari penggunaan audio visual sebagai media belajar siswa untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada kelas IV SDN 2 Kuranji.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorBAIQ, DESI MILANDARInidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Media Belajar, Media Audio Visual, Kemampuan Kognitif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Asriati Asriati
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:27
Last Modified: 11 Aug 2023 08:27
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7839

Actions (login required)

View Item View Item