EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADITIONAL CONGKLAK TERHADAP MINAT BELAJAR TEMA 2 SUBTEMA 1 KELAS II SDN 01 PEMENANG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

BAIQ, ANNISA HIDAYATUL UMAMI (2023) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADITIONAL CONGKLAK TERHADAP MINAT BELAJAR TEMA 2 SUBTEMA 1 KELAS II SDN 01 PEMENANG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)
[img] Text (Similarity Check)
SKRIPSI BAIQ ANNISA HIDAYATUL UMAMI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Efektivitas media pembelajaran Permainan Tradisional Congklak terhadap minat belajar siswa. Media pembelajaran yang kurang menarik cenderung membuat siswa menjadi bosan dalam proses pembelajaran, sehingga menyebabkan kurangnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran permainan tradisional congklak terhadap minat belajar siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen desain dengan bentuk pre-test, post-tes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II. Sedagkan sampel dalam penelitian ini kelas II B sebagai kelas eksperimen dan kelas II A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara nonprobability sampling. Nonprobability sampling adalah teknik pegambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Data mengenai kemampuan minat belajar diukur dengan menggunakan instrument angket minat belajar. Sebelum menganalisis lebih lanjut hasil pre-test dan post-test, kedua kelas terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t4,918 > t1,674 yang berarti Ho ditolak, sehingga terdapat Efektvitas media pembelajaran permainan tradisional congklak terhadap minat belajar siswa. Hal ini di definisikan bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaran permainan tradisional congklak mampu meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Kuantitatif, Efektivitas Media Pembelajaran Permainan Congklak,Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: BAIQ ANNISA HIDAYATUL UMAMI
Date Deposited: 26 Jul 2023 01:50
Last Modified: 26 Jul 2023 01:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7575

Actions (login required)

View Item View Item