PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA ( BPD ) DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SESELA KECAMATAN GUNUNG SARIKABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2019 ( Studi di Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat )

NAIMULLAH, NAIMULLAH (2020) PERAN BADAN PERMUSYAWARATAN DESA ( BPD ) DALAM PEMBENTUKAN PERATURAN DESA DI DESA SESELA KECAMATAN GUNUNG SARIKABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN 2019 ( Studi di Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat ). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
( COVER - BAB III ) 216130084-NAIMULLAH-ILMU PEMERINTAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
(BAB IV) 216130084-NAIMULLAH-ILMU PEMERINTAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img] Text
(BAB V - LAMPIRAN) 216130084-NAIMULLAH-ILMU PEMERINTAHAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai badan legislative di tingkat Desa sekaligus wakil dari masyarakat Desa diberikan kewenangan penuh untuk menerapkan budaya demokrasi di tingkat Desa, baik dalam hal pengawasan terhadap pemerintah Desa maupun dalam hal penampungan aspirasi masyarakat Desa. BPD diharapkan menjadi wah wadah menampung aspirasi bagi masyarakat Desa untuk menyampaikan ide atau gagasan mereka agar dapat terealisasi dalam pembangunan dan kebijakan yang ada di Desa, berperan aktif dalam hal pelaksanaan tugas dan fungsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai peran BPD Desa Sesela Kecamatan Gungung Sari Kabupaten Lombok Barat dalam pembentukan peraturan Desa. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Analisa data pada penelitian yang bersifat kualitatif berlandasan pada penggunaan keterangan secara lengkap dan mendalam menginterprestasikan data tentang variable, bersifat non-kulitatif dan dimaksudkan untuk melakukan eksplorasi mendalam dan tidak meluas terhadap fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja BPD dalam bidang aspirasi masyarakat meliputi cara BPD dalam menampung aspirasi masyarakat. Cara yang dilakukan BPD dalam menampung dan menyalurkan aspirasi adalah dengan keterbukaan BPD dengan masyarat setempat. Kata Kunci : PeranBadan Pemusyawarat Desa (BPD), Peraturan Desa (Perdes).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PeranBadan Pemusyawarat Desa (BPD), Peraturan Desa (Perdes).
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 321 Sistem Pemerintahan & Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 29 Feb 2020 02:42
Last Modified: 29 Feb 2020 02:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item