PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI MTs AL-ITTIHADIYAH NW GOLONG NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023

ANIS, WIRANDA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI MTs AL-ITTIHADIYAH NW GOLONG NARMADA KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Similarity Check)
Skripsi_Anis Wiranda_Revisi (2).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di MTs Al-Ittihadiyah NW Golong, hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya yaitu media pembelajaran yang digunakan. Dalam proses pembelajaran peserta didik seringkali hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru, dan menyebabkan siswa menjadi tidak aktif dalam mengikuti proses belajar pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di MTs Al-Ittihadiyah NW Golong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan rancangan Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan yaitu simple random sampling, dan untuk mengumpulkan data digunakan soal tes yaitu Pre-Test dan Post-Test, sedangkan untuk menganalisis data digunakan uji-t dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotests dengan n = 29 yaitu thitung = 5,989 > ttabel = 2,003, sehingga thitung > ttabel maka kesimpulannya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran Wordwall terhadap hasil belajar siswa pada kelas eksperimen daripada kelas kontrol pada mata pelajaran PPKn kelas VII di MTs Al-Ittihadiyah NW Golong.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196905062007012037
Thesis advisorABDUL, SAKBANnidn0824048404
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Wordwall, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Anis Wiranda
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:25
Last Modified: 05 Sep 2023 02:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/7523

Actions (login required)

View Item View Item