TINJAUAN YURIDIS PENYALURAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi di Bank Rakyat Indonesia Cabang Labuan Bajo)

IRWAN, IRWAN (2020) TINJAUAN YURIDIS PENYALURAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BAGI PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) (Studi di Bank Rakyat Indonesia Cabang Labuan Bajo). undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM" not defined].

[img] Text
COVER_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (560kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Serta hambatan-hambatan yang dialami oleh bank rakyat indonesia terhadap proses penyaluran kredit usaha rakyat yang disalurkan kepada nasabah yang berada diLabuan Bajo, dalam melakukan penelitian peneliti mengunakan beberapa pendekatan yaitu pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan empiris. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif empiris yaitu penelitian yang merujuk pada aturan-aturan hukum tentang Kredit Usaha Rakyat serta Usaha Mikro Kecil Dan Menengah sedangkan penelitian empiris merupakan penelitian yang menitiberatkan pada praktek Lapangan penyaluran Kredit Usaha Rakyat bagi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Labuan Bajo, dengan Metode yang digunakan adalah metode Pengamatan, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa proses penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang dilakukan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Labuan bajo sesuai dengan Undang-Undang No 10 tahun 1998 tentang perbankan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut, tahapan permohonan, tahapan verifikasi berkas tahapan analisis kredit,tahapan pemberian putusan, dan tahapan pencairan. serta hambatan dalam prores penyaluran kredit yaitu kredit macet dan langkah yang diambil oleh PT. Bank rakyat Indonesia dalam penyelesaian kredit macet tersebut adalah melakukan pendekatan kepada nasabah, penjadwalan kembali kredit, persyaratan kembali dan penyitaan jaminan kredit. Kata Kunci : Penyaluran, Hambatan, Penyelesaian, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerNASRI, NASRInidn0831128118
ReviewerSAHRUL, SAHRULnidn0831128107
Uncontrolled Keywords: Penyaluran, Hambatan, Penyelesaian, Kredit Usaha Rakyat (KUR), Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 346 Hukum Privat, Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 19 Feb 2020 03:51
Last Modified: 19 Feb 2020 03:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item