PENGARUH RUMBLE STRIPS TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DAN TINGKAT PELAYANAN SAAT MEMASUKI ZONA SELAMAT SEKOLAH ( ZOSS )

Chandra, Satria Utama (2020) PENGARUH RUMBLE STRIPS TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DAN TINGKAT PELAYANAN SAAT MEMASUKI ZONA SELAMAT SEKOLAH ( ZOSS ). undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ruas Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Sandubaya Mataram merupakan ruas jalan Kolektor dengan volume lalu lintas yang cukup tinggi. Pada tahun-tahun mendatang volume lalu lintas yang akan melewati ruas jalan ini akan semakin meningkat. Keselamatan terhadap siswa di Kota Mataram sangatlah pentingRumble strips sebagai alat pengaman pemakai jalan berfungsi untuk membuat pengemudi meningkatkan kewaspadaan, dan menurunkan kecepatannya saat akan melewati ZoSS. Lokasi penelitian dilakukan di Dua titik sekolah dasar di wilayah Kota Mataram, diantaranya di Jl. Jendral Sudirman dan Jl. Sandubaya.Pengambilan data untuk volume lalu lintas dan kecepatan kendaran dilaksanakan tiga hari, Data volume lalu lintas dengan durasi dua jam dalam interval waktu selama lima belas menit untuk menghitung jumlah kendaraan yang lewat dan sudah diklasifikasi setiap jenis kendaraannya. Selama durasi waktu tersebut jumlah kendaraan yang dihitung dikelompokkan dalam kendaraan tak bermotor, kendaraan ringan ,dan kendaraan berat Nilai volume jam puncak yang terjadi pada jam sibuk pagi hari yaitu pada pukul 07.30-08.30 wita dengan nilai volume jam puncak (VJP) sebesar 1906 kend./jam dan 1745 kend/jam untuk Jalan Jendral Sudirman. Untuk Jalan Sandubaya volume jam puncak terjadi pada pukul 07.30-08-30 dan 07.45-08-45 wita dengan nilai volume jam puncak sebesar 1832 dan 1977 kend./jam. Nilai kecepatan arus bebas Kendaraan Ringan ( LV ) sebesar FV = 51,972 km/jam untuk jalur SDN 11 Mataram dan untuk jalur SDN 05 Mataram nilai kecepatan arus bebas Kendaraan Ringan ( LV ) sebesar FV = 47,150 km/jam, Sedangkan untuk Kendaraaan Berat ( HV ) FV = 44,678 km/jam, FV = 40,532 km/jam dan untuk Speda Motor ( MC ) FV = 40,119 km/jam, FV = 36,397 km/jam. Nilai Derajat Kejenuhan ( DS )berdasarkan jenis kendaraan pada SDN 11 Mataram yang pertama untuk kendaraan Ringan ( LV ) , Berat ( HV ), Speda Motor ( MC ) rata - ratasebesar = 0,34, 0,06, dan 0,14. Sedangkan pada SDN 05 Mataram sebesar 0,39, 0,02, dan 0,15. Untuk hasil tingkat pelayanan terhadap perhitungan derajat kejenuhan secara total, hasil untuk SDN 11 Mataram dan SDN 05 Mataram dalam tipe tingkat pelayananya yaitu C ( Arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan ). Kata kunci :Rumble Strips, Kecepatan kendaraan, Tingkat Pelayanan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerIsfanari, Isfanarinidn0830086701
ReviewerTitik, Wahyuningsihnidn0819097401
Uncontrolled Keywords: Rumble Strips, Kecepatan kendaraan, Tingkat Pelayanan
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 17 Feb 2020 06:28
Last Modified: 17 Feb 2020 06:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/674

Actions (login required)

View Item View Item