PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA “TARI SAGELE” PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

AINUN, NAJIBURRAHMAN (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA “TARI SAGELE” PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI YANG SUDAH DITURUNKAN PLAGIASI (1).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah perangkat pembelajaran yaitu perangkat pembelajaran barbasis etnomatematika “tari Sagele” pada materi operasi bilangan bulat berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media, lembar kerja peserta Didik (LKPD) dan Instrumen Soal yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VI SDN Inpres 2 Maria dan tahap uji coba lapangan dilaksanakan di kelas VI SDN 1 Maria. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk perangkat pembelajaran barbasis etnomatematika berupa RPP mendapat nilai rata-rata hasil validasi ahli RPP 88,56 % (Sangat Valid), Media 90 % (Sangat Valid), LKPD 89,37 % (Sangat Valid) dan instrument penilaian 87,5 % (valid). Adapun hasil dari uji coba terbatas mendapat nilai rata-rata terhadap media 93,75 % (Sangat Praktis), LKPD 89,29 % (Sangat Praktis) dan instrument penilaian 92,62 % (Sangat Praktis), Selain itu lembar observasi keterlaksaan pembelajaran dapat menunjukkan kepraktisan perangkat pembelajaran sehingga data yang diperoleh adalah 93,17 % dengan kategori sangat terlaksana. Sedangkan hasil dari uji coba lapangan memperoleh skor N-Gain dalam bentuk persen 75,04 dan dikategorikan (sangat efektif). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran barbasis etnomatematika “tari Sagele” pada materi operasi bilangan bulat berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), media, lembar kerja peserta Didik (LKPD) dan Instrumen Soal ini dinyatakan valid, praktis, dan efektif serta layak digunakan pada pembelajaran Sekolah Dasar pada materi operasi bilangan bulat penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran Barbasis Etnomatematika, Tari Sagele, Materi Operasi Bilangan Bulat, Research and Development (R&D).
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ainun Najiburrahman
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:33
Last Modified: 16 Feb 2023 02:33
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6699

Actions (login required)

View Item View Item