KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BATUKLIANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022-2023

ASIAH, ASIAH (2023) KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BATUKLIANG UTARA TAHUN PELAJARAN 2022-2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover - bab 3 asiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
bab iv asiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
bab 5 - lampiran asiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (similarity cehck)
ASIAH.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berbahasa terdiri dari empat aspek keterampilan yaitu,: 1) Menyimak, 2) Berbicara, 3) Membaca, dan 4) Menulis. Keterampilan menulis sangat penting untuk dikuasai peserta didik. Kerterampilan menulis akan banyak memberikan manfaat dalam kehidupan yang serba maju sekarang ini. Menulis merupakan suatu kegiatan yang penting untuk dapat menuangkan isi pikiran, gagasan atau pendapat, ide maupun perasaan seseorang. Banyak pekerjaan yang tidak lepas dari kegiatan tulis menulis. Menulis dapat menunjang kelancaran aktivitas kehidupan manusia sehingga tiada hari tanpa menulis. Mengingat pentingnya menulis, dalam Pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah diajarkan materi atau pelajaran menulis. Sejalan dengan pemikiran demikian, maka diperlukan suatu metode baru bagi guru dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa. Ada banyak metode yang dapat digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu dari metode tersebut adalah penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran pun banyak ragamnya, salah satu diantaranya adalah media gambar. Media gambar yang berupa gambar tentang suatu obyek atau lainya dapat memberikan gambaran lebih konkret bagi siswa. Dengan media gambar tersebut siswa dapat secara terarah dan bebas berekspresi menuangkan ide-ide dan imajinasinya. Melalui media gambar itulah siswa menulis paragraf naratif. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Kemampuan Menulis Paragraf Naratif melalui Penggunaan Media Gambar siswa kelas VII SMPN 1 Batukliang Utara Tahun Pelajaran 2022/2023? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sedangkan subjek penelitiannya (populasi) adalah seluruh kelas VII B SMPN 1 Batukliang Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 29 orang . Untuk mengumpulkan data dipergunakan metode Observasi dan Wawancara, metode Tugas, dan metode Dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan Rumus : IPK = M ( Nurkancana dan Sunartana, 1981 : 107 ) Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil analisis data yang diperoleh hasil bahwa Kemampuan Menulis Paragraf Naratif dengan Media Gambar siswa kelas VII B SMPN 1 Batukliang Utara Tahun Pelajaran 2022/2023 Kategori Normal. Hal ini mengingat bahwa IPK Kemampuan Siswa Menulis Paragraf Naratif dengan Media Gambar Seri mencapai skor 77,41. Sehubungan dengan hal tersebut, maka perlu strategi baru bagi guru agar kemampuan siswa dalam menulis diperlukan langkah-langkah nyata dari guru bersangkutan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSri, Maryaninidn0811038701
Thesis advisorNurmiwati, Nurmiwatinidn0817098601
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Asiah Asiah
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:42
Last Modified: 09 Feb 2023 02:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6588

Actions (login required)

View Item View Item