M., IQBAL (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TOUCH AND PLAY GAMBAR 3D TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI INDRA PENDENGAR UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1 JAGARAGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER-BAB III.pdf Download (5MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (similarity cehck) Bab 2 sapai 3 proposal revisi terbaru ok (1).docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Eksperimental Research (Penelitian Eksperimen Semu) dengan menggunakan media pembelajaran touch and play gambar 3D. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV SDN 1 Jagaraga dengan jumlah siswa sebanyak 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas IV A sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 25 siswa dan kelas IV B sebagai kelas Experimen, dengan jumlah 25 siswa. Hasil nilai rata-rata yang ditunjukkan oleh kelas eksperimen pada pre-test sebesar 57,04 dan setelah dilkukan post-test meningkat menjadi 83,28 untuk kelas kontrol sendiri diperoleh nilai rata-rata dari pre-test sebesar 53,40 dan post-test mengalami peningkatan menjadi 68,84. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dalam materi indra pendengaran untuk mengetahui minat belajar siswa menggunakan pengamatan berupa pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 25 for windows. Pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai sig. 0,982 > 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa ada pengaruh dari media pembelajaran touch and play gambar 3D terhadap minat belajar siswa pada materi indra pendengaran kelas IV SDN 1 jagaraga.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran media touch and play gambar 3D,materi indra pendengaran | |||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
| Depositing User: | M Iqbal | |||||||||
| Date Deposited: | 25 Jan 2023 07:11 | |||||||||
| Last Modified: | 25 Jan 2023 07:11 | |||||||||
| URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6436 | 
Actions (login required)
|  | View Item |