PENGARUH PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SDN 28 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023

ASTRI, MULYA DEWI (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II PADA MUATAN BAHASA INDONESIA SDN 28 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
skripsi (ASTRI).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh Penerapan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan siswa kelas II pada muatan Bahasa Indonesia SDN 28 Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi experimental design tipe Non-equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 28 Mataram. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II SDN 28 Mataram yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 31 siswa, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 16 siswa dan sampel kelas kontrol berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil uji t yang dilakukan thitung = 2,666 sedangkan ttabel = 2,045. Karena thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 artinya metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II atau dapat dikatakan metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II pada muatan bahasa Indonesia SDN 28 Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik), Keterampilan Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Astri Imulia Dewi
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:55
Last Modified: 18 Jan 2023 03:55
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/6371

Actions (login required)

View Item View Item