POLA KOMUNIKASI DAKWAH JAMA’AH TABLIGH DALAM MEMAKMURKAN SHALAT BERJAMA’AH DI MASJID UMMUL HUDA DESA BATUJAI LOMBOK TENGAH

Riyanto, Riyanto (2019) POLA KOMUNIKASI DAKWAH JAMA’AH TABLIGH DALAM MEMAKMURKAN SHALAT BERJAMA’AH DI MASJID UMMUL HUDA DESA BATUJAI LOMBOK TENGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung pola komunikasi dakwah Jamaah Tabligh dalam memakmurkan shalat berjamaah di masjid Ummul Huda desa Batujai Lombok Tengah. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi semua penggiat dakwah dimanapun dan mengambil pelajaran dari usaha yang dilakukan Jamaah Tabligh dalam menjaga kemakmuran shalat berjamaah di masjid. Dan bisa mengetahui apa saja faktor yang mendukung dan menghambat usaha yang dilakukan Jamaah Tabligh dalam memakmurkan shalat berjamaah di masjid Ummul Huda. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori komunikasi Harold D Lasswell yaitu who says what to whom in what channel with what effect (siapa yang berkata dalam suatu konteks dengan dampak yang terjadi). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptip, yang memaparkan temuan-temuan dilapangan dengan cara menyajikan dalam bentuk narasi, bagan, atau paragraf. Tehnik dalam memperoleh data-data dalam penelitian tersebut dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan melibatkan 10 responden. Usaha Jamaah Tabligh dalam memakmurkan shalat berjamaah di masjid Ummul Huda desa Batujai Lombok Tengah menggunakan beberapa jenis pola komunikasi dakwah yaitu pola komunikasi dakwah umumi, ijtimai , khususi, dan ifrodi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi dakwah Jamaah Tabligh memberi pengaruh yang signifikan terhadap kemakmuran dan shalat berjamaah di masjid Ummul Huda Batujai. Kata kunci: komunikasi, dakwah, jamaah tabligh, sholat berjamaah, masjid.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 200 Agama > 2X2 Al-Hadits dan yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:59
Last Modified: 12 Dec 2019 02:59
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item