PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA MBOJO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI BANGUN RUANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Nursinta, Nursinta (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA MBOJO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR PADA MATERI BANGUN RUANG TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_NURSINTA_NIM 118180039_PGSD_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV_NURSINTA_NIM 118180039_PGSD_PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_NURSINTA_NIM 118180039_PGSD_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
NURSINTA 2.docx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Modul berbasis etnomatematika budaya Mbojo untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar pada materi bangun ruang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yaitu (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba awal, (7) Revisi produk, (8) Uji coba lapangan, (9) Revisi produk akhir. Untuk tahap uji coba terbatas dilaksanakan di kelas V di SDN Inpres O’o dan tahap uji lapangan dilaksanakan di kelas V SDN Kala. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk pengembangan modul berbasis etnomatematika budaya Mbojo ini mendapat nilai rata-rata hasil validasi materi dan modul 91% (sangat valid). Untuk angket kepraktisan mendapat nilai rata-rata hasil respon siswa uji terbatas mendapat nilai rata-rata 79,98 % (Praktis) dan angket respon siswa uji lapangan mendapat nilai rata-rata 94,16 % (sangat praktis). Pada tahap uji coba lapangan hasil belajar mendapat nilai rata-rata 0,76% (Sangat efektif). Dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul berbasis etnomatematika budaya Mbojo untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar pada materi bangun ruang layak digunakan dalam pembelajaran Sekolah Dasar pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerHastuti, Intan Dwinidn0823078802
ReviewerMilandari, Baiq Desinidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Etnomatematika, Budaya Mbojo, Hasil belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nursita Nursita
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:31
Last Modified: 14 Sep 2022 04:31
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5630

Actions (login required)

View Item View Item