ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 LABUAPI

Deby Harlia, Putri Pratama (2019) ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 2 LABUAPI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (840kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa guru dan siswa dalam konteks pembelajaran sebagai wujud mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Labuapi,dengan subjek penelitian sebanyak 22 orang siswa dan 1 orang guru. Penelitian ini dilakukan pada saat proses belajar mengajar, mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode rekam, dan metode catat. Penelitian ini dilakukan selama 3 hari. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat 6 maksim kesantunan guru dan siswa dalam pembelajaran yaitu, 1) maksim kebijaksanaan, 2) maksim kedermawanan 3) maksim pujian 4) maksim kerendahan hati 5) maksim permufakatan 6) maksim kesimpatisan. Kata Kunci: Kesantunan berbahasa, tuturan guru dan siswa

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerSri, MaryaniUNSPECIFIED
ReviewerNurmiwati, NurmiwatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 400 Bahasa > 415 Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2019 05:00
Last Modified: 05 Jul 2021 02:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/554

Actions (login required)

View Item View Item