PERAN GURU SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME MELALUI BIOGRAFI PAHLAWAN NASIONAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Aditya, Nugroho (2019) PERAN GURU SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP NASIONALISME MELALUI BIOGRAFI PAHLAWAN NASIONAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LEMBAR TAHUN AJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (746kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sikap nasionalisme yakni sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang khususnya siswa sehingga dalam proses pembangunan menjadi modal penting demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran guru sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme melalui biografi pahlawan nasional siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2019/2020, dan (2) untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang muncul dalam proses pembentukan sikap nasionalisme melalui biografi pahlawan nasional yang dilakukan oleh guru sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tehnik pengumpulan data adalah: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, verifikasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Peran guru sejarah dalam pembentukan sikap nasionalisme siswa adalah guru sebagai keteladanan, guru sebagai inspirator, guru sebagai motivator, sedangkan sikap nasionalisme melalui biografi pahlawan nasional antara lain sikap nasionalisme dalam hal menghargai jasa para pahlawan dan sikap nasionalisme dalam hal rela berkorba, dan (2) kendala yang ditemui guru sejarah dalam proses pembentukan sikap nasionalisme diantaranya, perkembangan teknologi yang turut berpengaruh pada pola pikir siswa, pengaruh media massa, dan fasilitas sekolah yang belum sepenuhnya memadai dalam menunjang pembelajaran sejarah Kata Kunci: Peran guru, Sikap nasionalisme, Biografi pahlawan nasiona.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 303 Proses Sosial
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Lalu Muhammad Turmuzi
Date Deposited: 12 Dec 2019 03:18
Last Modified: 12 Dec 2019 03:18
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item