PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2021/2022

SYAFA, AYU SAHALA (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD TAHUN PELAJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text (Similarity Check)
SYAFA AYU SAHALA.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk modul pembelajaran yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan pendekatan yang berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian di lakukan pada siswa IV di SDN 2 Kuranji dan SDN 20 Ampenan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan.Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah metode pengembangan (R&D) dengan model 4-D, yaitu (1) Tahap Pendefisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (Design),) (3) Tahap Pengembangan (Development), Dan (4) Penyebaran (Dessiminate) yang diadaptasi menjadi 3-4 yaitu (1) Tahap Pendefisian (Define), (2) Tahap Perencanaan ( Design), (3) Tahap Pengembangan (Development) . Berdasarkan hasil validasi dari 3 validator ahli 3 validator praktisi, maka diperoleh hasil persentase rata-rata ahli materi 85,66%, validasi media rata-rata persentase 86,66%, pada ketegori sangat valid. Hasil kepraktisan modul melalui angket respon siswa diperoleh hasil persentase 94,85% pada kategori sangat praktis dan kepraktisan lembar keterlaksanaan pembelajaran memperoleh persentase 94,85% pada kategori sangat baik/sangat terlaksana.Hasil keefektifan modul yang dilihat melalui respons siswa berpikir kreatif diperoleh nilai rata-rata 73,89% dalam kategori efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Uncontrolled Keywords: Modul, Contextual Teaching Learning (CTL), Tematik, Berpikirkreatif
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Safa Ayu Sahala
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:37
Last Modified: 02 Sep 2022 07:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item View Item