STRATEGI GURU DALAM MENGATASI DAMPAK BROKEN HOME SISWA KELAS V DI MI NURUL QUR’AN PAGUTAN TAHUN AKADEMIK 2021/2022

SITI, SARINA (2022) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI DAMPAK BROKEN HOME SISWA KELAS V DI MI NURUL QUR’AN PAGUTAN TAHUN AKADEMIK 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text (COVER-BAB III)
COVER-BAB III_SITI SARINA_NIM 718120010_PGMI_PERPUSTAKAAN_2.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_SITI SARINA_NIM 718120010_PGMI_PERPUSTAKAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V-LAMPIRAN)
BAB V-LAMPIRAN_SITI SARINA_NIM 718120010_PGMI_PERPUSTAKAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SIMILARITY CHECK)
1 SITI SARINA.doc.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga adalah lingkungan sosial terkecil yang pertama kali dikenal oleh seorang anak, adanya interaksi antara anggota keluarga dapat menyebabkan anak merasa menjadi bagian dari makhluk sosial yang saling memberikan fungsi dan juga perannya masing-masing. Perkembangan anak tidak lepas jauh dari pola asuh orang tua yang harus mampu memberikan kebutuhan pokok secara baik ataupun benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mengatasi prilaku menyimpang siswa broken home serta mengetahui dampak broken home yang berpengaruh bagi perkembangan psikologi dan moral yang menyebabkan prestasi belajarnya menurun. Perceraian tidak hanya berdampak bagi yang bersangkutan (suami/ istri), tapi juga melibatkan anaknya. Perceraian ini merupakan beban tersendiri bagi anak sehingga akan berdampak buruk bagi pertumbuhan dan perkembangannya dimasa depan. Reaksi anak terhadap perceraian orang tuanya, sangat dipengaruhi oleh cara orang tua berprilaku sebelumnya, selama maupun sesudah perceraian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang umumnya digunakan untuk mengkaji fenomena dengan menggunakan sudut pandang yang holistik (secara menyeluruh) dan mendalam. Penelitian secara umum sering disebut sebagai pendekatan deskriptif. Deskriptif maksudnya adalah suatu rumusan masalah yang yang dapat memandu penelitian untuk mengeksplorasi ataupun memotret situasi soaial yang akan diteliti secara menyeluruh, luas, dan mendalam. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari 5 orang yang mempunyai dampak keluarga broken home. Hasil penelitian ini menunjukan guru harus mampu melakukan pendekatan secara invidual kepada siswanya supaya anak tersebut mendapatkan perhatian penuh dari guru serta kasih sayangnya. Karena sejatinya perhatian itu tidak pernah ia dapatkan dari orang tuanya. Ini pada hakikatnya terjalin keterikatan antara satu sama lain antara individu maupun siswa terhadap orang tuanya dirumah dan guru. Dengan kerja sama yang baik maka ketiganya akan menjadi satu kesatuan yang tentu akan berdampak positif agar mampu menjalankan kehidupan yang baik sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAQODIAH, AQODIAHnidn0815027401
Thesis advisorSAPRUN, SAPRUNnidn0815038402
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru, Dan Dampak Broken Home
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Siti Sarina
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:25
Last Modified: 25 Aug 2022 03:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5181

Actions (login required)

View Item View Item