PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA SD KELAS V TEMA 4 TAHUN AJARAN 2021/2022

M., Kholid Rafzan Jani (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE BERBASIS BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA SISWA SD KELAS V TEMA 4 TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (989kB)
[img] Text (similarity check)
42%PENGEMBANGAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_INTERAKTIF_ARTICUL.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembejaran interaktif articulate storyline berbasis budaya lokal pada materi IPA untuk meningkatkan minat belajar pada siswa SD kelas V tema 4 yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian pengembangan yang di gunakan adalah metode pengembangan 4D, yaitu (1) Tahap Pendefisian (Define), (2) Tahap Perencanaan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development), dan (4) Penyebaran (Dessiminate). Berdasarkan hasil validasi dari 3 validator ahli media dan ahli materi maka di peroleh hasil persentase rata-rata ahli materi 89,2% dan ahli materi dari tempat penelitian mendapatkan hasil persentase rata-rata 92,8%, validasi media rata-rata persentase 96,1% dan validasi media dari tempat penelitian mendapatkan hasil persentase rata-rata 94,6%, bisa di katakan dalam katagori sangat valid. Hasil keperaktisan media pembelajaran melalui lembar observasi di peroleh hasi 80%, bisa di katakan sangat praktis. Hasil keefektifan media pembelajaran di lihat dari tabel angket minat belajara siswa sebagai analisis data dan di hitung menggunakan softwere SPSS 25, sehingga perolehan hasil rata-rata dari uji normality mendapatkan hasil lebih besar dari 0,05 sehingga data dapat di katakan normal, kemudian di lanjutkan dengan tahap uji homogenity mendapatkan hasil yang homogen sehingga di lanjutkan ke tahap uji independent sample test bahwa minat belajara siswa menggunakan media pembeajaran interaktif articulate storyline dengan tidak menggunakan media pembelajaran interaktif articulate storyline perbedaan di tunjukkan dari hasil uji statistik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorSukron, Fujiaturrahmannidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Media, interaktif, articulate storyline ,budaya lokal
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: M. KHOLID RAFZAN JANI
Date Deposited: 16 Mar 2022 09:00
Last Modified: 16 Mar 2022 09:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4906

Actions (login required)

View Item View Item