PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN UNIKA (PAPAN UNIK MATEMATIKA) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD TAHUN AJARAN 2021/2022

NURAINI, RAHMA PARAWANTI PUTRI (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN UNIKA (PAPAN UNIK MATEMATIKA) PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (similarity check)
50% PENGEMBANGAN_ALAT_PERAGA_PAPAN_UNIKA__PAPAN_UNIK_M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan alat peraga pada pembelajaran adalah suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahamkan pembelajarannnya, lebih khusus pada siswa SD kelas IV pada materi bangun datar. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas V SDN 2 Kuranji yang berjumlah 8 orang, (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas IV SDN 2 Kuranji yang berjumlah 13 orang. Penelitian ini bertujuan “untuk mengembangkan alat peraga papan UNIKA (papan unik matematika) pada materi bangun datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian Borg and Gall adalah tahap Penelitian dan Pengumpulan Data (Research and information collecting) , tahap Perencanaan (Planning), tahap Pengembangan Draft Produk (Develop preliminary form of product), tahap Uji Coba Lapangan Awal (Preliminary field testin).tahap Merevisi Hasil Uji Coba (Main product revision), tahap Uji Coba Lapangan Utama (Main field testing), tahap Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan (Operational product revision), tahap Uji Pelaksanaan Lapangan Operasional/Empiris (Operationa field testing), tahap Penyempurnaan Produk (Final product revision). Hasil penilaian ahli Materi sebesar 88 % tingkat kualifikasi Sangat Valid, Sedangkan hasil skor total penilaian yang diberikan oleh Ahli Media sebesar 87,78% yang berarti berada pada tingkat kualifikasi Sangat Valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba terbatas maka memperoleh nilai 82,09% dikategorikan praktis, dan penilaian dari hasil keefektifan nilai Pretest dan Postteet sebesar 71,68%, sedangkan lembar observasi memperoleh hasil 90% pada kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Papan UNIKA (Papan Unik Matematika), Berpikir Kreatif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: NURAINI RAHMA PARAWANTI PUTRI
Date Deposited: 16 Mar 2022 08:31
Last Modified: 16 Mar 2022 08:31
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4893

Actions (login required)

View Item View Item