PENGEMBANGAN MEDIA BILIK RUMAH PINTAR BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA TEMA 1 SISWA KELAS 3 SD AISYIYAH 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022

DITA, PEBRIANTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BILIK RUMAH PINTAR BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA TEMA 1 SISWA KELAS 3 SD AISYIYAH 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (similarity check)
PENGEMBANGAN_MEDIA_BILIK_RUMAH_PINTAR_BERBASIS_CTL(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah pengembangan media bilik rumah pintar berbasis CTL (Contextual teaching and learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada tema 1 siswa kelas 3 SD Aisyiyah 2 Mataram. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Pada penelitian pengembangan ini sebagai uji kevalidan dilakukan oleh para ahli media dan ahli materi kepraktisan dilakukan pada kelas IV dan uji keefektifan dilakukan pada peserta didik kelas III di SD Aisyiyah 2 Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media dan materi diperoleh skor rata-rata 87% (sangat valid). Angket respon peserta didik uji terbatas yang menunjukkan kepraktisan media bilik rumah pintar memperoleh skor rata-rata 80,8% (sangat praktis). Keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang diukur dengan menggunakan soal berpikir kreatif yang diberikan kepada peserta didik sebagai uji lapangan yaitu kelas III SD Aisyiyah 2 Mataram, dan memperoleh skor N-Gain 75,7 (tinggi). Selain itu keefektifan media bilik rumah pintar dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran dan diperoleh data yaitu 85% pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media bilik rumah pintar yang dikembangkan sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHaifaturrahmah, Haifaturrahmahnidn0804048501
Thesis advisorYuni, Mariyatinidn0806068802
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran,contextual teaching and learning, kemampuan berpikir kreatif, Research and Development
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: DITA FEBRIANTI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:27
Last Modified: 21 Mar 2022 07:27
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item