NURULYA, HANIFAH (2022) PENGEMBANGAN KARTU ANIMASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA TEMA 1 UNTUK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text COVER-BAB III_NURULYA HANIFAH_NIM 118180087_PGSD.pdf Download (2MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV_NURULYA HANIFAH_NIM 118180087_PGSD.pdf Restricted to Repository staff only Download (601kB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V-LAMPIRAN_NURULYA HANIFAH_NIM 118180087_PGSD.pdf Download (3MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (similarity check) 36%PENGEMBANGAN_KARTU_ANIMASI_SEBAGAI_MEDIA_BELAJAR_P.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah alat peraga pembelajaran yaitu kartu animasi untuk mengenal kemampuan huruf siswa SDN 1 dan 3 Kore serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan terhadap pemahaman konsep siswa dalam menggunakan kartu animasi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Develovment (R&D) yang mengadopsi model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan penelitian, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 9 tahapan saja di karenakan biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kartu animasi untuk mengenal kemampuan huruf siswa SD berhasil dikembangkan dengan hasil rata-rata validasi ahli materi 75 % yang dikategorikan valid dan ahli media 73 % yang termasuk dalam kategori valid sedangkan untuk uji terbatas memperoleh hasil rata-rata 80 % dikategori praktis dan untuk hasil uji coba lapangan menghasilkan jumlah skor rata-rata 76% pretest 31,8 dan skor posttest 92,2 yang menunjukan hasil belajar menggunakan kartu animasi meningkat. Kemudian untuk N-Gain memperoleh 0,88 yang termasuk dalam kategori tinggi, kemudian dikalikan 100% sehingga menghasilkan 88,35% yang dimana apabila dimasukkan ke dalam data kualitataif termasuk kedalam kriteria efektif. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh terhadap hasil belajar siswa kelas l SDN 1 dan 3 Kore memperoleh skor hasil belajar 88,35 dan termasuk dalam kategori efektif.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kartu Animasi Sebagai Media Belajar | |||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
| Depositing User: | NURULYA HANIFAH | |||||||||
| Date Deposited: | 14 Mar 2022 09:22 | |||||||||
| Last Modified: | 14 Mar 2022 09:22 | |||||||||
| URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4747 | 
Actions (login required)
|  | View Item |