HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN KEDIRI LOMBOK BARAT, SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022

Dhea, Rizki Wulandari (2022) HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS V GUGUS III KECAMATAN KEDIRI LOMBOK BARAT, SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
27% HUBUNGAN_LITERASI_MEMBACA_DENGAN_KETERAMPILAN_MENU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara literasi membaca dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V gugus III Kediri tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang mencari dan bertujuan untuk mengetahui hubungan (korelasi) antara varibel-variabel penelitian. Populasi penelitian ini sebanyak 102 siswa. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis sample random sampling. Variabel yang dikaji yaitu literasi membaca dan keterampilan menulis narasi. Teknik pengumpulan data mengggunakan angket dan tes. Uji Validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan Uji Reliabilitas menggunakan formula cronbach alpha dari program SPSS 25. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial yang meliputi Uji Normalitas, Uji Linearitas dan uji hipotesis dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis statistik menggunakan teknik korelasi pearson product moment diperoleh nilai sebesar 0,802. Untuk menguji signifikansi dengan cara membandingkan nilai r hitung dengan r tabel. Jika r hitung lebih kecil dari pada r tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak, sebaliknya jika r hitung lebih besar dari r tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Nilai r tabel dengan N= 80 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai r tabel sebesar 0,220. Jika r hitung dikonsultasikan dengan r tabel maka dapat diketahui bahwa nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0,802 > 0,220). Dengan demikian koefisien korelasi sebesar 0,802 dikatakan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorNursina, Sarinidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Literasi Membaca, Keterampilan Menulis Narasi SiswaSD
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: DHEA RIZKI WULANDARI
Date Deposited: 14 Mar 2022 08:15
Last Modified: 14 Mar 2022 08:15
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4728

Actions (login required)

View Item View Item