PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 31 WOJA PADA MATERI PECAHAN TAHUN AJARAN 2021/2022

Ahmad, Dahlan (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 31 WOJA PADA MATERI PECAHAN TAHUN AJARAN 2021/2022. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III AHMAD DAHLAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB IV AHMAD DAHLAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN AHMAD DAHLAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text (similarity check)
50% PENGARUH_MODEL_PEMBELAJARAN_BERBASIS_REALISTIC_MAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) merupakan salah satu alternatif pembelajaran yang tepat, yang menurut penulis dengan model pembelajaran ini mahasiswa dituntut untuk mengkontruksi pengetahuan dengan kemampuannya sendiri melalui aktivitas-aktivitas yang dilakukannya dalam kegiatan proses belajar mengajar yang dikaitkan dengan realita sebagai bagian dari kegiatan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian Quisi Eksperimen, pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. sedangkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, test dan dokumentasi. Uji coba instrument yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, dan uji tingkat, sedangkan analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dengan mengunakan rumus independen sample t-test. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SDN 31 Woja. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pecahan pada kelas V SDN 31 Woja. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai ≥ (4.363≥ 2,018), dan nilai sig ≤ 0,05 (0.000 ≤ 0,05). Maka Ha diterima yang berbunyi terdapat pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Realistic Mathematic Education Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN 31 Woja

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIntan, Dwi Hastutinidn0823078802
Thesis advisorSintaya, Muhardininidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education, Keterampilan Berpikir Kritis, Pecahan.
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: AHMAD DAHLAN
Date Deposited: 14 Mar 2022 04:13
Last Modified: 14 Mar 2022 04:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4639

Actions (login required)

View Item View Item