PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI GERAK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS IV SD

Dian, Eka Safitri (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI GERAK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS IV SD. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III_DIAN EKA SAFITRI_NIM 118180082_PGSD.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV_DIAN EKA SAFITRI_NIM 118180082_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN_DIAN EKA SAFITRI_NIM 118180082_PGSD.pdf

Download (971kB)
[img] Text (similarity check)
37%PENGEMBANGAN_MODUL_PEMBELAJARAN_IPA_BERBASIS_ETNOS_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pada materi gerak untuk meningkatakan literasi sains siswa kelas IV SD 20 Ampenan, serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan terhadap pemahaman konsep siswa dalam menggunakan modul pembelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengadopsi model Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan penelitian, namun pada penelitian ini hanya enggunakan 9 tahapan saja dikarenakan biaya dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis etnosains pasa materi gerak untuk meningkatkan literasi sains siswa di SD berhasil dikembangkan dengan hasil rata-rata ahli materi 87% dikatagorikan sangat valid, dan ahli media 81% yang termaksud katagori sangat valid sedangkan untuk uji awal memperoleh hasil rata-rata 80,3% dikatagorikan praktis, dan untuk hasil uji coba pemakaian menghasilkan jumlah skor rata-rata 78,9 dan hasil angket meningkatkan literasi sains siswa 76,20% yang menunjukan meningkatka literasi sains siswa meningkat. Kemudian untuk N-Gain memperoleh yang termaksud dalam kategori tinggi, kemudian dikalikan 100% sehingga menghasilkan 76,20% yang dimana apabila dimasukan kedalam data kualitatif termaksud kriterial efektif. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan data yang diperoleh terhadap meningkatkan literasi sains siswa kelas IV SDN 20 Ampenan memperoleh skor 76,20% dan termaksud dalam katagori efektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerNanang, Rahmannidn0824038702
ReviewerNursina, Sarinidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, etnosains, lierasi, materi gerak
Subjects: 500 Ilmu-Ilmu Murni > 515 Analisis, Teori Fungsi
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: DIAN EKA SAFITRI
Date Deposited: 14 Mar 2022 03:31
Last Modified: 14 Mar 2022 03:31
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/4605

Actions (login required)

View Item View Item