PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn DI MI NW KAWO TAHUN AJARAN 2018/2019

Sri, Hermayanti (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN PKn DI MI NW KAWO TAHUN AJARAN 2018/2019. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini brtujuan untuk meningkatkan hasil belajar sisiwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learniang (PBL) pada mata pelajaran PKn kelas VA di MI NW Kawo Lombok Tengah Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observasi.Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, obserfasi dan refleksi.Jenis instrumen yang di gunakan untuk menumpulkan data yang digunakan adalah Tes hasil belajar siswa dan lembar pedoman observasi guru dan siswa.Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif untuk menentukan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian meneunjukan bahwa menerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Data yang diperoleh siswa pada siklus I persentasi ketuntasan klasikal 47.61%.hasil tersebut menunjuan bahwa pada siklus I secara kelasikal perserta didik belum tuntas sebab peserta didik yang memperoleh nilai ≥6,5 lebih kecil dari persentase ketuntasan klasikal yang dikehendaki yaitu 80%. Sementara untuk perolehan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase 66% dan persentase aktivitas siswa mencapai 60%. Pada siklus II diperoleh data data ketuntasan kelasikal sebesar 90.47% . Hasil siklus pada siklus II tersebut menunjukan secara kelasikal perserta didik sudah tuntas, sebab peserta didik yang memeperoleh nilai ≤6,5 lebih besar dari ketuntasan kelasikal yang di kehendaki 80% dan untuk persentase aktivitas guru mencapai 83% dan persentase aktivitas belajar siswa mencapai 80%. Bedasarkan hasil peelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA di MI NW Kawo Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 09 Dec 2019 03:12
Last Modified: 09 Dec 2019 03:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item